0313024038, Surya Darma (2012) PERBANDINGAN PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DAN POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA. Digital Library.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (148Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (31Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER SKRIPSI DALAM.pdf Download (33Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR Tabel.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (69Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHANKU.pdf Download (315Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (92Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 5 Bandar Lampung, diketahui bahwa penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah karena guru masih dominan menggunakan metode ceramah dengan media sederhana. Oleh karena itu perlu alternatif media pembelajaran yang lain, yaitu media pembelajaran berbasis web dan power point yang diharapkan agar siswa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web dan power point serta membandingkan pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis web dan power point terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa pada materi pokok sistem ekskresi pada manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009 - 2010. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA4 sebagai kelas eksperimen I yang diberi perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web dan XI IPA3 sebagai kelas eksperimen II yang diberi perlakuan dengan menggunakan media power point. Sampel diambil dengan tehnik simple random sampling. Data penelitian ini berupa nilai hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada Materi Pokok Sistem Ekskresi pada Manusia. Nilai hasil belajar aspek kognitif siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest, sementara nilai aspek afektif dan psikomotorik diambil dengan lembar observasi pada setiap pertemuan. Rata-rata gain score, nilai afektif dan psikomotorik tersebut kemudian di analisis dengan uji t menggunakan software SPSS 17.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan signifikan antara hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web dan power point (2) hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis web lebih tinggi daripada media pembelajaran power point. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web lebih berpengaruh terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa daripada media pembelajaran power point. Kata kunci: media berbasis web, power point, sistem ekskresi, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:28 |
Terakhir diubah: | 26 Jan 2016 04:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20275 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |