PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SUKARAJA BANDAR LAMPUNG

0913069019, Birzona Rifai (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM PADA SISWA KELAS IV SDN 3 SUKARAJA BANDAR LAMPUNG. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0913069019-ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengamatan awal pembelajaran mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 3 Sukaraja Bandar Lampung didominasi guru dan prestasi belajar sangat rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi dan hasil belajar mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian bebentuk siklus setiap siklus terdiri 4 kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Alat dan tehnik pengumpulan data dengan observasi dan lembar tes yang dianalisis secara kualitatif dan kuantitatf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 3 Sukaraja Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase aktivitas siswa dengan skor rata-rata dari siklus I yaitu 64,8 % dan siklus II 93,2 %. Sedangkan prestasi belajar siswa mencapai KKM 64,2 pada siklus I dan 76,8 pada siklus II. Sehingga dengan penggunaan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar mata pelajaran IPS.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:30
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20291

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir