MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMETIKA MELALUI METODE KOOPERATIF SISWA KELAS IV SDN 1 LANGKAPURA KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011

0913069028, E R L E N I (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMETIKA MELALUI METODE KOOPERATIF SISWA KELAS IV SDN 1 LANGKAPURA KECAMATAN KEMILING BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2010-2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0913069028-abstrak.pdf

Download (24Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti pada siswa kelas IV SDN 1 Langkapura Kecamatan Kemiling Bandar Lampung, pembelajaran mata pelajaran matematika masih sering menggunakan metode ceramah dan penugasan saja. Masih banyak guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang membuat siswa dapat mengaitkan pengetahuan awal untuk memperoleh pengetahuan baru dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran masih berpusat pada guru yang masih menekankan pada pemberian contoh secara lisan maupun tulisan dan belum memperhatikan bagaimana siswa memperoleh sendiri pengetahuannya sehingga pembelajaran kurang menarik, siswa kurang terampil. Tujuan penelitian untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa dengan metode kooperatif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus, Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas IV dengan jumlah siswa 41 orang yang terdiri dari 19 lakilaki dan 22 perempuan. C Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran matematika melalui metode kooperatif dapat meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase aktivitas siswa di setiap siklusnya. Demikian juga tingkatan presentase ketuntasan siswa pada siklus I siswa tuntas 51,22% menjadi 81,22 pada akhir siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan wujud keberhasilan dalam melakukan tindakan : 1. Siswa dapat menyelesaikan tugas matematika dengan benar melalui kerja kelompok 2. Adanya peningkatan hasil belajar siswa 3. Kegiatan belajar mengajar yang menarik sehingga siswa tidak jenuh 4. Siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik yang diciptakan oleh guru.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:52
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20338

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir