0913069035, Fera Apriliyanti (2016) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Kelas II SDN 2 Pesawahan Teluk Betung Selatan Bandar Lampung Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi. Digilib Library.
|
File PDF
0913069035-abstrak.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0913069035-kesimpulan.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
0913069035-pendahuluan.pdf Download (13Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas II SD Negeri 2 Pesawahan Teluk Betung Selatan, oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan metode demonstrasi. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 (tiga) siklus. Pada setiap siklus mengikuti 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi yaitu metode pembelajaran dengan memperagakan kepada siswa dengan suatu proses, situasi atau benda tertentu baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan lembar observasi, tes tertulis dan kuisioner/angket. Analisis data dalam penelitian ini terdiri atas 2 (dua) teknik yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil tindakan ditemukan fakta bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada pokok bahasan kedudukan matahari menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa pada setiap siklus. Hasil belajar siswa meningkat, mencapai rata-rata sebesar 77,5%.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 26 Jan 2016 04:55 |
Terakhir diubah: | 26 Jan 2016 04:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20362 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |