PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PERMAINAN POHON FAKTOR PADA SISWA KELAS VI.B SD NEGERI 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

0913069036, GALIH WATI (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PERMAINAN POHON FAKTOR PADA SISWA KELAS VI.B SD NEGERI 1 SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0913069036-abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069036-kesimpulan.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069036-pendahuluan.pdf

Download (23Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Demikian kompleksnya pokok-pokok bahasan dalam materi Matematika, menuntut guru untuk mencari strategi dalam transformasi ilmu Matematika kepada siswa, hal ini dilakukan untuk peningkatan kualitas siswa dalam menyerap materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini mengangkat suatu tema mengenai metode permainan dalam pembelajaran yang diaplikasikan dalam salah satu materi Matematika yaitu Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) pada siswa kelas VI.B di SD Negeri 1 Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini bersifat Penelitian Tindak Kelas (PTK) melalui beberapa siklus atau tahapan penelitian. Selain itu juga penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dengan jenis evaluasi kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan menengahkan subjek ialah siswa Kelas VI.B SD Negeri 1 Sukarame Tahun Pelajaran 2010 / 2011 yaitu sebanyak 49 siswa dan indikator keberhasilan ialah : (1) Tingkat pemahaman siswa yang diindikasikan dalam jumlah siswa yang dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, jumlah siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru, (2) Nilai Lembar Kerja Siswa yang dibandingkan dengan Nilai Lembar Kerja Siswa setelah dipresentasikannya permainan Pohon Faktor, (3) Nilai Evaluasi Awal dan Evaluasi Akhir siswa terhadap materi yang disampaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan siswa pada saat evaluasi awal adalah 4,510, dan nilai rata-rata keseluruhan siswa pada saat evaluasi akhir adalah 7,469. Peningkatan nilai rata-rata keseluruhan siswa sebesar 2,959, mengindikasikan penerapan permainan pohon faktor mampu meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:55
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20368

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir