(PENELITIAN TINDAKAN KELAS) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LABUHAN RATU PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PAKEM

0913069040, HERWATI (2016) (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWAKELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 2 LABUHAN RATU PADA MATAPELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PAKEM. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0913069040-abstrak.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069040-kesimpulan.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069040-pendahuluan.pdf

Download (34Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VA SD N 2 Labuhan Ratu pada mata pelajaran matematika melalui penerapan strategi PAKEM. Hasil observasi sebelum perbaikan pembelajaran di kelas VA SD N 2 Labuhan Ratu pada mata pelajaran matematika diperoleh nilai siswa rataBerdasarkan kondisi tersebut, guru melakukan penelitian tindakan kelas guna memperbaiki pembelajaran melalui pendekatan PAKEM. Oleh karena itu peneliti mencoba untuk menerapkan strategi pembelajaran PAKEM yaitu strategi pembelajaran yang dapat menampilkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur yang digunakan bentuk siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Pedoman penelitian ini menggunakan instrumen observasi dan tes hasil belajar siswa pada tiap siklus. Hasil penelitian yang diperoleh, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa juga diikuti dengan peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II dan siklus III, yaitu dari nilai rata-rata 67,00 (siklus I) meningkat menjadi nilai rata-rata 69,00 (siklus II) dan nilai rata-rata 77,00 (siklus III).

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:55
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20371

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir