PENGARUH PROPORSI TEPUNG CACING TANAH (Lumbricus sp) YANG BERBEDA DALAM PAKAN BUATAN TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum)

nn, Wahyudi1, Siti Hudaidah2, Supono2 (2012) PENGARUH PROPORSI TEPUNG CACING TANAH (Lumbricus sp) YANG BERBEDA DALAM PAKAN BUATAN TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum). Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (254Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 1 bawal.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 2 bawal.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 3 bawal.pdf

Download (307Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
bab 4 bawal.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Bab 5 bawal.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Daftar isi.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196Kb) | Preview

Abstrak

Ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum) merupakan salah satu komoditas ikan budidaya yang mempunyai nilai ekonomis tinggi baik sebagai ikan konsumsi maupun ikan hias. Budidaya C. macropomum terutama pada fase benih, membutuhkan manajemen pakan yang tepat. Kebutuhan protein dalam pakan buatan selama ini bersumber pada tepung ikan dan tepung kedelai yang terus bersaing dengan kebutuhan pakan ternak dan pangan manusia. Salah satu alternatif mengatasi hal tersebut adalah dengan pemanfaatan cacing tanah (Lumbricus sp.) sebagai sumber protein dalam pakan buatan yang diharapkan dapat mengganti tepung ikan dalam komposisi pakan buatan. Penelitian bertujuan mempelajari pengaruh proporsi tepung Lumbricus sp. yang berbeda dalam pakan buatan terhadap pertumbuhan benih C. macropomum yang maksimal yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan. Perlakuan dalam penelitian meliputi pemberian proporsi protein tepung Lumbricus sp. dalam pakan buatan yakni proporsi 100%, 75%, 50% dan 25% tepung Lumbricus sp. Data pertumbuhan yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan analisis ragam pada selang kepercayaan 99%, dan dilanjutkan dengan uji lanjut beda nyata terkecil (BNT). Sebagai data pendukung, dilakukan pengamatan kualitas air setiap 7 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pakan dengan proporsi tepung Lumbricus sp. yang berbeda dalam pakan buatan memberikan pengaruh yang nyata terhadap pertumbuhan benih C. macropomum. Pemberian pakan dengan proporsi 50% tepung Lumbricus sp. memberikan hasil terbaik dengan pertumbuhan mutlak mencapai 29,50 gram, laju pertumbuhan sebesar 0,7375 gram per hari, SR sebesar 100%, serta FCR sebesar 1,036. Kata kunci : C. macropomum, Lumbricus sp., pakan buatan, proporsi dan pertumbuhan Keterangan : 1) Mahasiswa Budidaya Perairan Fakultas Pertanian UNILA 2) Dosen Budidaya Perairan Fakultas Pertanian UNILA

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: tik9 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:56
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20382

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir