PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

0543031026, LUSIA WINARNI (2010) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (152Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (107Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (291Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (334Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (420Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (179Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK. Hasil belajar adalah hasil usaha untuk mencapai tujuan yang diinginkan ditandai dengan tingginya hasil belajar yang diperoleh. Guru adalah salah satu komponen terpenting dalam proses belajar mengajar. Keterampilan mengajar bagi seorang guru adalah sangat penting bila ingin menjadi guru yang profesional, disamping menguasai substansi bidang studi yang dia mampu dalam mengajar, keterampilan dasar mengajar juga merupakan keterampilan penunjang untuk keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 144 orang siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 105 orang dengan teknik penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Metode penelitian Lusia Winarni yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan statistik t dan hipotesis ketiga menggunakan statistik F. Berdasarkan analisis data diperoleh data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008/2009 yang dibuktiban dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa thitung = 6,862 > ttabel = 1,990. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel minat belajar ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008/2009 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa thitung = 8,485 > ttabel = 1,990. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2008/2009 yang dibuktikan dari hasil perhitungan uji F yang menunjukkan bahwa Fhitung = 43,986 > Ftabel = 3,010. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan minat belajar ekonomi terhadap hasil belajar ekonomi.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: tik 11 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2016 04:58
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 04:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20415

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir