MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS I SDN 1 NEGERI OLOK GADING TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG

0913069060, Masidar (2016) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS I SDN 1 NEGERI OLOK GADING TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
0913069060-abstrak.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069060-kesimpulan.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
0913069060-pendahuluan.pdf

Download (42Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ilmu Pengetahuan Alam merupakan salah satu mata pelajaran pokok pada jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi harus terus ditingkatkan. Aktivitas dan hasil pembelajaran siswa kelas I SDN 1 Negeri Olok Gading, Kecamatan Telukbetung Barat, Kota Bandar Lampungmasih rendah, belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan yaitu, 60. Hal ini disebabkan karena pendekatan dan metode pembelajaran yang digunakan umumnya adalah pendekatan konvensional, dengan menggunakan metode ceramah, bahkan masih jarang menggunakan media pelajaran yang sudah disiapkan oleh sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi pembelajaran siswa kelas I SDN 1 Negeri Olok Gading, Kecamatan Telukbetung Barat, Bandar Lampung, Tahun Pelajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa 29 orang . Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berdaur ulang atau bersiklus, yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Metode pelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari langkah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tiknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan dokumen hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II meningkat sampai 18,62%. Pada siklus I diperoleh rata-rata aktivitas siswa 65,52% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,23%. Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai tes siswa 60 dan pada siklus II rata-rata nilai tes 76,89 atau meningkat 16,89%.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 05:00
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 05:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20442

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir