Paya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas VIII Semester Ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011

1013063003, Farida (2016) Paya Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Di Kelas VIII Semester Ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011. Digilib Library.

[img]
Preview
File PDF
1013063003-abstrak.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1013063003-kesimpulan.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1013063003-pendahuluan-ok.pdf

Download (45Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Nusantara Bandar Lampung yang memiliki karakteristik hasil belajar yang masih rendah. Selama proses pembelajaran keterlibatan siswa masih kurang, pasif, dan kurangnya variasi dalam menggunakan metode atau model pembelajaran sehingga perlu dilakukan oleh guru untuk menerapkan pembelajaran yang efektif melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran tutur sebaya pada mata pelajaran IPS Ekonomi di kelas VIII semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung 2010 / 2011 ? (2) Bagaimana hasil belajar IPS Ekonomi siswa setelah menggunakan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya di kelas VIII semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung 2010 / 2011? Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 64.16%, pada siklus II yaitu sebesar 69.17%, dan pada siklus III yaitu sebesar 74.17. 2. Persentase nilai rata-rata siswa pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan sebesar 60% , pada siklus II persentase ketuntasan sebesar 61.83% dan pada siklus III persentase ketuntasan sebesar 68.00%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: . . Yulianti
Date Deposited: 26 Jan 2016 05:01
Terakhir diubah: 26 Jan 2016 05:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20456

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir