PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SDN 4 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613053065, Widara Sartika (2011) PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SDN 4 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
BAB1,2,3,4,5.pdf

Download (448Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cetak ok.pdf

Download (445Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cvr dll.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (478Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover dalam.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar gambar.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar isi.pdf

Download (329Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar tabel.pdf

Download (305Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
moto.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pengesahan.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
pernyataan.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persetujuan.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
riwayat hidup.pdf

Download (208Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
persembahan.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
sanwacana.pdf

Download (473Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab i.pdf

Download (1845Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab iii.pdf

Download (3421Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab ii.pdf

Download (2632Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab v.pdf

Download (521Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab iv.pdf

Download (11Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
daftar pustaka.pdf

Download (713Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Latar belakang penelitian ini didasarkan dari pengamatan atau observasi, dan wawancara dengan guru dan siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara yang ternyata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih kurang aktif. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SDN 4 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (Kemmis dalam Wiriaatmadja, 2007:62). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara, Kota Metro. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini digunakan instrumen, lembar obervasi dan kuesioner siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama penelitian tindakan kelas dengan menggunakan cooperative learning tipe STAD dan evaluasi hasil belajar siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Terbukti selama penelitian tindakan yang berlangsung dalam 3 siklus siswa menyukai proses pembelajaran yang berlangsung. Dari analisa data menunjukkan bahwa penggunaan cooperative learning tipe STAD dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus I (70,71%), siklus II (78,75%), dan siklus III (86,25%). Sedangkan hasil belajar juga meningkat dari siklus I (61,07), siklus II (66,01), dan siklus III (79,82). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SDN 4 Metro Utara. Hal ini dapat dilihat dari ketiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik yang meningkat setiap siklusnya.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: tik 16 . Digilib
Date Deposited: 29 Jan 2016 19:22
Terakhir diubah: 29 Jan 2016 19:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20611

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir