0613053028 , Fatan Adi Atma (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG DENGAN PENGGUNAAN MEDIA TIGA DIMENSI PESERTA DIDIK KELAS VB SDN 10 METRO PUSAT. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gambar.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moto.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (51Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hidup.pdf Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab i.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab ii.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iii.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iv.pdf Download (207Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab v.pdf Download (60Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (90Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar serta masih banyak peserta didik yang belum tuntas belajar Matematika di SD Negeri 10 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas Vb SDN 10 Metro Pusat, dengan penggunaan media tiga dimensi. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas Vb SD Negeri 10 Metro Pusat yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes formatif (kognitif). Alat tes berupa tes uraian untuk menjaring kemampuan penguasaan materi pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media tiga dimensi pada pembelajaran materi bangun ruang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 2,39 termasuk kategori kurang baik, pada siklus II meningkat menjadi 3,51 termasuk kategori cukup. Pada hasil pembelajaran matematika dengan media tiga dimensi pada siklus I terdapat 14 orang peserta didik atau 51,85% yang telah mencapai ketuntasan belajar yang ditetapkan, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 20 orang peserta didik atau 74,07% yang telah memenuhi ketuntasan belajar yang ditetapkan. Peningkatan hasil belajar matematika dipengaruhi oleh peningkatan aktivitas peserta didik melalui penggunaan media tiga dimensi pada pembelajaran. Kesimpulan penelitian adalah penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika materi bangun ruang peserta didik kelas Vb SD Negeri 10 Metro Pusat.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan |
Pengguna Deposit: | tik 16 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 20:00 |
Terakhir diubah: | 29 Jan 2016 20:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20622 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |