0613053034, Ismet (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 01 METRO UTARA. Digital Library.
|
File PDF
abstrak.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover dalam.pdf Download (100Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar gamabr.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar isi.pdf Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar tabel.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
moto.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pengesahan.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
pernyataan.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persembahan.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
persetujuan.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
riwayat hiudp.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
sanwacana.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab i.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab ii.pdf Download (243Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iii.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab iv.pdf Download (423Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab v.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar pustaka.pdf Download (85Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Abstrak Penanaman pemahaman kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa sekolah dasar sangat sulit, karena pembelajaran yang diberikan oleh guru kurang kreatif dan bervariatif sehingga tidak dapat menggali kemampuan berbahasa siswa secara optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Indonesia siswa SD terutama kelas rendah adalah dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS). Hasil observasi awal diketahui bahwa siswa kelas I SD Negeri 01 Metro Utara masih mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis permulaan. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 01 Metro Utara menggunakan metode pembelajaran SAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research melalui 4 tahap yang membentuk siklus yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 01 Metro Utara tahun 2009. Pengumpulan data dengan observasi terfokus dan terbuka selama tindakan dan dokumen hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian siklus I hingga siklus II terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal untuk latihan kemampuan membaca sebesar 32,5% (dari 55,5% hingga 88%) dan kemampuan menulis sebesar 18,3% (dari 77,7% hingga 96%). Sedangkan untuk hasill tes (pre-tes dan post-tes) tejadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 25,3% (dari 66,7% hingga 92%). Dari hasil latihan dan tes diketahui siswa mampu membaca nyaring, jelas, dan benar serta mampu menulis dengan rapi, bersih, dan benar. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas I SD Negeri 01 Metro Utara. Saran yang dapat diajukan adalah penggunaan metode SAS dapat dilaksanakan oleh guru agar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan siswa.
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan |
Pengguna Deposit: | tik 16 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Jan 2016 20:00 |
Terakhir diubah: | 29 Jan 2016 20:00 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20623 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |