PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SDN 4 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

0613053065, Widara Sartika (2011) PENGGUNAAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS IV SDN 4 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover dalam.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PERSEMBAHAN.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
M O T T O.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (225Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (159Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (439Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95Kb) | Preview

Abstrak

Abstrak Latar belakang penelitian ini didasarkan dari pengamatan atau observasi, dan wawancara dengan guru dan siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara yang ternyata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran masih kurang aktif. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV SDN 4 Metro Utara. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (Kemmis dalam Wiriaatmadja, 2007:62). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara, Kota Metro. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini digunakan instrumen, lembar obervasi dan kuesioner siswa dalam proses pembelajaran untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama penelitian tindakan kelas dengan menggunakan cooperative learning tipe STAD dan evaluasi hasil belajar siswa untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisa data menggunakan rumus sederhana yaitu persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Terbukti selama penelitian tindakan yang berlangsung dalam 3 siklus siswa menyukai proses pembelajaran yang berlangsung. Dari analisa data menunjukkan bahwa penggunaan cooperative learning tipe STAD dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas IV SDN 4 Metro Utara dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas belajar siswa antara siklus I (70,71%), siklus II (78,75%), dan siklus III (86,25%). Sedangkan hasil belajar juga meningkat dari siklus I (61,07), siklus II (66,01), dan siklus III (79,82).

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Magister Manajemen Pendidikan
Depositing User: tik 16 . Digilib
Date Deposited: 29 Jan 2016 19:56
Last Modified: 29 Jan 2016 19:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20627

Actions (login required)

View Item View Item