PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TERPROGRAM DALAM PEMBENTUKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 BANDAR LAMPUNG

ERLANGGA ANDALAS SAKTI , 0913033084 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TERPROGRAM DALAM PEMBENTUKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 23 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (235Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (294Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (306Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Pembelajaran dengan metode ceramah akan menahan siswa dalam keadaan pasif, tidak merangsang siswa untuk memecahkan masalah dan sulit untuk mengukur belajar siswa. Kelemahan metode ceramah antara lain inefesiensi atau tidak efesien, artinya pendekatan ini hanya sekedar memberi, sementara itu siswa hanya cenderung mendengarkan dan terbatas untuk memberikan timbal balik. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran terprogram dalam meningkatkan minat belajar siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Apakah ada pengaruh penerapan metode pembelajaran terprogram terhadap pembentukan minat belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan metode pembelajaran terprogram dalam pembentukan minat belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Sampel penelitian adalah 120 siswa Kelas VII A sampai dengan VII D SMP Negeri 23 Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Data dinalisis dengan rumus uji t (t-student). Berdasarkan hasil penelitian dengan caranya menyebarkan kuisioner penelitian pada 120 siswa Kelas VII A sampai dengan VII E pada SMP Negeri 23 Bandar Lampung maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran terprogram berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat belajar pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan nilai uji thitung > ttabel yaitu 12.316> 1.658. Artinya metode pembelajaran terprogram merupakan suatu cara yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran sehingga dapat diperoleh hasil yang optimal, sehingga apabila kualitas pembelajaran terprogram ditingkatkan maka minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu juga akan mengalami peningkatan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 9088035 . Digilib
Date Deposited: 28 Jan 2016 07:44
Last Modified: 12 Feb 2016 02:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20659

Actions (login required)

View Item View Item