Wasilatul Hikmah, 1013024067 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (101Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (289Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (391Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (511Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model example non example terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretest posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIC di MTs N 3 Lampung Selatan yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran example non example yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model example non example berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Indikator memberikan argumen dan melakukan induksi mengalami peningkatan dengan berbeda signifikan. Sedangkan melakukan deduksi mengalami peningkatan namun berbeda tidak signifikan. Selain itu, aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata eksperimen = 82,91 %; kontrol = 64,44 %. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran yang digunakan. Dengan demikian, model pembelajaran example non example berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Model Pembelajaran Example Non Example.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 6847861 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 06:17 |
Terakhir diubah: | 01 Feb 2016 06:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20673 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |