PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN

Wasilatul Hikmah, 1013024067 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (180Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (289Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (391Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (511Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model example non example terhadap kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain pretest posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA dan VIIC di MTs N 3 Lampung Selatan yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai tes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar dan tanggapan siswa terhadap model pembelajaran example non example yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model example non example berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Indikator memberikan argumen dan melakukan induksi mengalami peningkatan dengan berbeda signifikan. Sedangkan melakukan deduksi mengalami peningkatan namun berbeda tidak signifikan. Selain itu, aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata eksperimen = 82,91 %; kontrol = 64,44 %. Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran yang digunakan. Dengan demikian, model pembelajaran example non example berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : Aktivitas Belajar Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Model Pembelajaran Example Non Example.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 6847861 . Digilib
Date Deposited: 01 Feb 2016 06:17
Terakhir diubah: 01 Feb 2016 06:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20673

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir