PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS-INDUKTIF (SBEI) UNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (PTK Pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Natar TP 2011/2012)

0513022008, Rio Mulyanto (2012) PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR EMPIRIS-INDUKTIF (SBEI) UNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (PTK Pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Natar TP 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover dalam.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
cover luar.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar gambar.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar tabel.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar Persetujuan.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
persembahan.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
riwayat hidup.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
sanwacana.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
tausiah.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (131Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III.pdf

Download (396Kb) | Preview
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409Kb)
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 222.pdf

Download (85Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Natar melalui wanwancara pada guru mata pelajaran fisika dan penyebaran angket kepada siswa diketahui bahwa pembelajaran fisika yang diterapkan guru lebih sering menggunakan metode ceramah yang terbatas pada penjelasan materi, memberi contoh soal, dan latihan menyelesaikan soal. Dengan kondisi seperti ini diperoleh informasi bahwa minat siswa menjadi rendah untuk belajar fisika. Hal ini berpengaruh juga pada sikap siswa yang tidak dibiasakan untuk belajar dalam kelompok. Salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat dan aktivitas adalah pembelajaran dengan penerapan model Siklus Belajar Empiris-Induktif (SBEI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dengan Model Siklus Belajar EmpirisInduktif (SBEI) pada pokok bahasan Gerak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMAN 1 Natar yang berjumlah 41 orang, yang terdiri dari 11 siswa lakilaki, dan 23 siswa perempuan. Rio Mulyanto Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I diperoleh minat siswa sebesar 69,88%, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 7,57 % menjadi 77,57. aktivitas siswa pada siklus I sebesar 62,72%, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 21,60% menjadi 84,32% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa; (i) kognitif siswa pada Pada siklus I sebesar 41,85% tergolong kurang baik, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 19,61% menjadi 61,46% tergolong cukup baik. (ii) afektif siswa pada siklus I sebesar 74% tergolong cukup baik, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 3% menjadi 77% tergolong baik. (iii) psikomotor siswa pada siklus I sebesar 66,22% tergolong baik, pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 6,78% menjadi 73% tergolong baik. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model Siklus Belajar Empiris-Induktif (SBEI).dapat meningkatkan minat, aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: minat, aktivitas, hasil belajar siswa

Tipe Karya Ilmiah: Artikel
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: tik7 . Unila
Date Deposited: 29 Jan 2016 19:46
Last Modified: 29 Jan 2016 19:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20767

Actions (login required)

View Item View Item