PENGARUH PENGGUNAAN TEHNIK PENCATATAN MIND MAP TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IX SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG (Materi Pokok Sisitem Ekskresi Pada Manusia Semester Ganjil TP 2011/2012)

0543024030, MELINDA DWI PUSPITA SARI (2012) PENGARUH PENGGUNAAN TEHNIK PENCATATAN MIND MAP TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IX SMP NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG (Materi Pokok Sisitem Ekskresi Pada Manusia Semester Ganjil TP 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
2. Persetujuan.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
3. MENGESAHKAN.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
4. PERNYATAAN.pdf

Download (3891b) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
6. PERSEMBAHAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
5. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
7. MOTTO.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
8. SANWACANA.pdf

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (176Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (577Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan tehnik pencatatan Mind Map terhadap berpikir kreatif siswa dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok Sistem Ekskresi pada manusia. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest-posttest nonequivalen group. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IXH dan IXD yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif yaitu berpikir kreatif siswa yang diukur berdasarkan aktivitas siswa selama proses belajar berlangsung. Data penelitian kuantitatif yaitu berupa penilaian hasil belajar yang diperoleh dari pretes dan postes, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan menggunakan program SPSS 17. Melinda Dwi Puspita Sari Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas yang menggunakan tehnik pencatatan Mind Map lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang pembelajaranya tidak menggunakan tehnik pencatatan Mind Map (Diskusi). Hal ini berarti tehnik pencatatan Mind Map sangat berpengaruh terhadap berpikir kreatif siswa. Tehnik pencatatan Mind Map juga berpengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan tehnik pencatatan Mind Map lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tehnik pencatatan Mind Map meningkatkan berpikir kreatif siswa pada materi pokok Sistem Ekskresi pada manusia. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran lebih tinggi kelas eksperimen dibandingkan dengan aktivitas belajar siswa kelas kontrol. Kata kunci : tehnik pencatatan Mind Map, berpikir kreatif, Sistem Ekskresi pada manusia.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 29 Jan 2016 19:42
Terakhir diubah: 29 Jan 2016 19:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20770

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir