1013069021, E L I T A P U R I (2016) UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SEGALA MIDER KECAMATANTANJUNGKARANG BARAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digilib Library.
|
File PDF
bab 1.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (210Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (151Kb) |
||
|
File PDF
bab 5.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover PTK IPA Elitapuri.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR gambar.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar isi jadi.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
daftar Pustaka.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR tabel.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
isi PTK IPA Elitapuri.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (395Kb) |
||
|
File PDF
kata pengantar jadi.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran IPA yang disajikan dengan ceramah dan latihan-latihan individual sering tidak disukai oleh para siswa. Akibatnya hasil belajar selalu rendah. Padahal ilmu pengetahuan Alam (IPA) memiliki peranan sangat strategis dalam berbagai kehidupan. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan, mengasyikkan dan dapat meningkatkan hasil belajar, maka perlu adanya perubahan pembelajaran yang menarik yaitu menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Melihat masalah-masalah yang timbul maka rumusan maslah yang di ajukan adalah (1)Bagaimanakah minat belajar IPA dengan menggunakan metode diskusi pada siswa Kelas IV SD Negeri 2 Segala Mider Tanjungkarang Barat Tahun Pelajaran 2010/2011? (2) Bagaimanakah hasil belajar siswa Kelas IV SD Negeri 2 Segala Mider pada pelajaran IPA dengan menggunakan metode diskusi? Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, maka dilakukan penelitian dengan subyek 20 orang siswa SD Negeri 2 Segala Mider kelas IV. Pengambilan data menggunakan metode observasi, tes tulis dan perbuatan, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan tiga siklus. Setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan secara berurutan berupa: pembelajaran klasikal, dan pembelajaran kelompok. Hasil penelitian pada siklus I, aktifitas pembelajaran klasikal hanya mencapai 51%, pada siklus II 71,33% naik pada siklus III 83,33%. Dan hasil penelitian untuk pembelajaran kelompok siklus I 61,25%, siklus II 72,5% dan siklus III 75,5%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa tiap per siklus mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dari siklus I 55% naik pada silkus II yaitu 70% dan pada siklus III mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok dapat mendorong minat siswa untuk belajar IPA lebih bersemangat, meningkatkan proses pembelajaran, dan hasil belajar. Maka disarankan (1) Kepada para guru, untuk meningkatkan proses pembelajaran maupun hasil belajar IPA , (2) Bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian lanjutan sesuai dengan penelitian ini juga disarankan agar membuat persiapan yang lebih sempurna agar lebih terarah dan mendapatkan hasil yang maksimal .
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | . . Yulianti |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:52 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:52 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20781 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |