HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP SWASTA NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012

0713031029, Gummanti Alfiando (2012) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SEMESTER GANJIL SMP SWASTA NUSANTARA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Digital library.

[img]
Preview
File PDF
2. Abstrak.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. Cover Judul.pdf

Download (45Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. Cover Dalam.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Persembahan, Motto, Sanwacana dan Riwayat Hidup.pdf

Download (224Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. Daftar Isi.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 1.pdf

Download (276Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 2.pdf

Download (244Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 3.pdf

Download (331Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab 4.pdf

Download (464Kb) | Preview
[img] File PDF
bab 5.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (85Kb)
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (30Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu indikator tercapai atau tidaknya suatu proses pembelajaran adalah dengan melihat hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Hasil belajar merupakan suatu pencapaian yang diperoleh oleh siswa dalam proses pembelajaran yang dituangkan dengan angka maupun dalam pengaplikasian pada kehidupan sehari-hari atas ilmu yang didapat. Untuk meningkatkan hasil belajar perlu diperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang menunjang keberhasilan dalam belajar antara lain minat dan cara belajar. Rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara minat belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif asosiatifdengan pendekatan ex post facto dan survey. Populasi penelitian ini berjumlah 225 orang dengan jumlah sampel berdasarkan pada rumus Slovin sebanyak 1 44 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan korelasi product moment sedangkan untuk menguji hipotesis 3 menggunakan korelasi multiple. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka hasilnya sebagai berikut. 1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 675 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan thitung > ttabel yaitu 10,893 dan t tabel 1,960 yang berarti hipotesis diterima. 2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/201 2. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0, 760 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan thitung > ttabel yaitu 13,932 dan t tabel 1,960 yang berarti hipotesis diterima. 3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan cara belajar dengan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas IX semester ganjil SMP Nusantara Bandar Lampung tahun pelajaran 201 1/201 2. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi multiple sebesar 0,818 dan signifikansi koefisien korelasi menunjukkan F hitung > F tabel yaitu sebesar 142,270 dan 3,065 yang berarti hipotesis diterima.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:56
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20799

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir