0743024007, Anggi Lianasari (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN KEANEKARAGAMAN HAYATI (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA N 1 Natar Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.
|
File PDF
2. ABSTRAKku.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. COVER LUARku.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
3. COVER DALAMku.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4. PERSETUJUAN ku.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. PENGESAHANku.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. PEMBUKAANku.pdf Download (309Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar isi.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ix.pernyataan.pdf Download (53Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xviii daftar gambar.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
xv-xvii daftar tabel.pdf Download (65Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 1.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (185Kb) | Preview |
|
File PDF
bab IV_edit.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (268Kb) |
||
|
File PDF
bab v.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA new edit.pdf Download (120Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi keanekaragaman hayati pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Natar dengan menggunakan model Group Investigation. Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian adalah pretes-postes tak equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X.4 dan X.9 yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian diperoleh dari rata-rata tes awal dan rata-rata tes akhir, kemudian dihitung selisihnya dan diperoleh N-gain, serta lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% dengan program SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata N-gain 62,54 lebih tinggi daripada rata-rata N-gain pada kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi yaitu 53,11. Anggi Lianasari iii Indikator kemampuan berpikir kritis dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe GI yakni indikator penjelasan, interpretasi, dan inferensi. Aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI juga mengalami peningkatan dari pertemuan I ke pertemuan II, dengan rata-rata peningkatan 11,59% lebih tinggi daripada yang menggunakan metode diskusi yaitu 7,29%, aspek kemampuan berdiskusi/ bekerjasama merupakan aktivitas dengan kriteria tinggi sekali yang dicapai siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe GI berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok keanekaragaman hayati. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe GI, kemampuan berpikir kritis, aktivitas belajar, keanekaragaman hayati
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | tik7 . Unila |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:55 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:55 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20805 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |