PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII MTs N 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012)

0813024026, Dzul Fithria Mumtazah (2012) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII MTs N 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
2.ABSTRAK.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.Cover Depan.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.Cover Dalam.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Halaman Persetujuan.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. Halaman Pengesahan.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6.RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7.PERSEMBAHAN.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8.Motto.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. Pernyataan.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. Sanwacana.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Isi.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Tabel plus t.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (138Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (300Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3415Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keterampilan proses sains penting untuk dimiliki oleh setiap siswa. Namun di MTs Negeri 2 Bandar Lampung keterampilan proses sains siswa belum dikembangkan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen semu dengan desain pretest posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII B yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest dan posttest yang dianalisis secara statistik melalui uji-t dengan program SPSS versi 17 pada taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif berupa gambaran keterampilan proses sains siswa, data aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa Dzul Fithria Mumtazah iii terhadap penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan proses sains siswa baik secara keseluruhan maupun untuk masing-masing indikator mengalami peningkatan (Pretest = 48,15; Posttest = 70, 40; N-gain = 0,43). Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan, rata-rata persentase aktivitas belajar siswa memiliki kriteria tinggi (75,40). Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan metode pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa. Kata kunci: ciri-ciri makhluk hidup, inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:54
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20819

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir