PENGEMBANGAN SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI PADA KONSEP KINEMATIKA GERAK LURUS DALAM MELATIH KEMAMPUAN ILMIAH SISWA

Sahistya Mayang Prawestri, 0853022046 (2015) PENGEMBANGAN SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI PADA KONSEP KINEMATIKA GERAK LURUS DALAM MELATIH KEMAMPUAN ILMIAH SISWA. FKIP, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (352Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (352Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (222Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (70Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (172Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85Kb) | Preview

Abstrak

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa pandangan siswa terhadap mata pelajaran fisika sangat beragam. Sebagai sebuah mata pelajaran bahwa fisika itu banyak hitungan, banyak rumus dan rumusnya panjang, angka pada soal-soalnya sering mengandung bilangan desimal, simbolnya susah diingat, pengerjaan soalsoalnya rumit, dan pembelajarannya membosankan. Mereka mengharapkan agar pembelajaran fisika menjadi menyenangkan, meningkatkan kreatifitas dan kinerja dalam kelas. Dengan demikian diperoleh model pembelajaran yang dapat mengakomodasi keterlaksanaan sintaks tersebut dan dapat melatih kemampuan ilmiah siswa. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi prosedur pengembangan produk dan uji produk menurut Asyhar sebagai acuan. Mengacu pada model pengembangan tersebut yang meliputi: penelitian pendahuluan, pengembangan produk, validasi ahli yang dilakukan oleh pakar dan guru fisika, uji coba lapangan yang terdiri dari uji satu lawan satu (one on one) dan kelompok, diseminasi dan implementasi dan produk akhir. Hasil uji ahli menunjukkan instrumen sintaks model pembelajaran berbasis inkuiri pada konsep kinematika gerak lurus dalam melatih kemampuan ilmiah siswa yang dikembangkan telah layak dalam penyajian dan bahasa yang digunakan sangat sesuai dengan perkembangan siswa. Hasil uji lapangan menunjukkan sintaks model pembelajaran fisika berbasis inkuiri efektif digunakan. Tahap pengujian satu lawan satu (one on one) dilakukan terhadap dua orang guru sebagai pengguna sintaks model pembelajaran fisika berbasis inkuiri. Dengan rerata skor kemenarikan 3,57 yang menunjukkan bahwa sintaks model pembelajaran berbasis inkuiri sangat menarik digunakan, rerata skor kemudahan sebesar 3,55 menunjukkan bahwa sintaks tersebut sangat mudah digunakan, dan skor rerata kemanfaatan sebesar 3,33 menunjukkan bahwa sintaks tersebut juga sangat bermanfaat untuk digunakan. Tahap pengujian kelompok dilakukan terhadap 30 orang siswa kelas VII SMP Negeri I Punggur tahun 2012/2013. Melalui uji kelompok, 52,7% siswa terbukti terlatih kemampuan ilmiahnya. Kata kunci: penelitian dan pengembangan, sintaks model pembelajaran fisika, kemampuan ilmiah.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 6968468 . Digilib
Date Deposited: 03 Feb 2016 07:22
Last Modified: 03 Feb 2016 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item View Item