PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM - HUKUM DASAR KIMIA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS DENGAN METODE TANYA JAWAB KONVENSIONAL

0643023009, EKO APRIYANTO (2016) PERBANDINGAN PENGUASAAN KONSEP HUKUM - HUKUM DASAR KIMIA ANTARA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS KETERAMPILAN GENERIK SAINS DENGAN METODE TANYA JAWAB KONVENSIONAL. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
cover skrip.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I Fiks.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab III Fiks.pdf

Download (151Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab II Fiks.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV Fiks.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (84Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V Fiks.pdf

Download (7Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Metode pembelajaran kimia di SMA Tri Sukses Natar yang digunakan adalah metode ceramah dan latihan soal. Pelaksanaan pembelajaran tidak disertai praktikum dan diskusi sehingga interaksi antara guru dengan siswa menjadi kurang dan mengakibatkan siswa menjadi pasif, dan pada saat pembelajaran siswa tidak dilibatkan dalam menemukan konsep sehingga pembelajarannya menjadi monoton. Hal ini menyebabkan rendahnya penguasaan konsep kimia siswa. Tujuan penelitian ini adalah1). Menentukan ada perbedaan penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia antara pembelajaran menggunakan metode eksperimen berbasis keterampilan generik sains dengan metode tanya jawab konvensional. 2). Menentukan rata-rata penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia manakah yang lebih tinggi antara pembelajaran menggunakan metode eksperimen berbasis keterampilan generik sains dengan metode tanya jawab konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen I dan 37 orang siswa kelas X3 sebagai kelas eksperimen II. Jenis penelitian ini adalah bersifat eksperimental dengan pola M-G (Matched Group Design). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest dan postest tak ekuivalen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia antara pembelajaran menggunakan metode eksperimen berbasis keterampilan generik sains dengan metode tanya jawab konvensional. (2) Rata-rata penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia dengan pembelajaran menggunakan metode eksperimen berbasis keterampilan generik sains lebih tinggi dari pada rata-rata penguasaan konsep hukum-hukum dasar kimia dengan metode tanya jawab konvensional. Kata kunci : keterampilan generik sains, tanya jawab, penguasaan konsep.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2016 06:51
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20930

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir