0643023028, RIA AULIA SANTI (2016) PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN NON-ELEKTROLIT DAN ELEKTROLIT SERTA REAKSI REDOKS. digilib library.
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
cover.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 2.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
bab 3.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
File PDF
bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (155Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (11Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kimia di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan 100% siswa mencapai nilai ≥ 71, sedangkan siswa yang mendapat nilai ≥71 hanya 51,16%. Nilai rata-rata penguasaan konsep siswa kelas X8 tahun pe-lajaran 2010-2011 yaitu 60,72. Kegiatan praktikum yang dilakukan terbatas mem-buktikan teori, guru belum melatihkan keterampilan komunikasi siswa sebagai salah satu komponen dalam Keterampilan Proses Sains (KPS). Salah satu model pembe-lajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi dan pe-nguasaan konsep pada materi tersebut adalah pembelajaran penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran penemuan terbimbing dalam meningkatkan persentase (1) setiap jenis indikator keterampilan komunikasi siswa, (2) rata-rata penguasaan konsep dan, (3) jumlah siswa yang mencapai nilai KKM pada konsep larutan non-elektrolit dan elektrolit serta reaksi redoks. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X8 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung yang berjumlah 43 siswa, terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 24 siswa pe-rempuan. Data penelitian terdiri dari data kualitatif berupa data keterampilan komu-nikasi secara lisan dan data kuantitatif berupa data keterampilan komunikasi secara tertulis dan penguasaan konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase (1) setiap jenis indikator keterampilan komunikasi, dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III adalah sebagai berikut: (a) berdiskusi aktif sebesar 5,67% dan 6%; (b) mengutarakan pendapat sebesar 7,67% dan 7,33%; (c) mengubah data narasi ke dalam bentuk tabel sebesar 13,95% dan 9,3%; (d) mengungkapkan pendapat secara tertulis sebesar 5,23% dan 8,43%; (2) rata-rata penguasaan konsep dari siklus I ke siklus II sebesar 7,12%, dari siklus II ke siklus III sebesar 9,05%; dan (3) jumlah siswa yang mencapai nilai KKM dari siklus I ke siklus II sebesar 9,31%, dari siklus II ke siklus III sebesar 13,95%. Kata kunci: penemuan terbimbing, keterampilan komunikasi, penguasaan konsep, konsep larutan non-eletrolit dan elektrolit serta reaksi redoks
Jenis Karya Akhir: | Artikel |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | UPT . Dito Nipati |
Date Deposited: | 18 May 2016 06:47 |
Terakhir diubah: | 18 May 2016 06:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20936 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |