Hubungan Antara Aktivitas Belajar di Sekolah Aktivitas Belajar Di Rumah, Suasana Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012.

0643031008, Diska Arga Surya (2016) Hubungan Antara Aktivitas Belajar di Sekolah Aktivitas Belajar Di Rumah, Suasana Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Ekonomi Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2011/2012. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak diska.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil belajar adalah kemampuan anak yang diperoleh pada akhir proses pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menyerap atau memahami suatu bahan yang telah diajarkan. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 bandar lampung tahun pelajaran 2011/2912 diketahui bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi masih tergolong rendah, yaitu sebanyak 108 siswa hanya 17 siswa atau 15,73% yang mendapat nilai lebih dari 70. Dengan kata lain, hanya 15,73% bahan pelajaran yang dikuasai oleh siswa. Secara umum hal – hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar terbagi atas dua factor yaitu factor internal dan eksternal. Diantara banyak factor yang dapat dipengaruhi atau berperan dalam pencapaian hasil belajar siswa, diduga factor – factor aktivitas belajar disekolah, aktivitas belajar dirumah dan suasana belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antaha aktivitas belajar di sekolah, aktivitas belajar dirumah, dan suasana belajar di sekolah dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 2 bandar lampung tahun ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 108 orang dengan sampel 85 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dengan survey. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan computer melalui program SPSS. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dam ketiga menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2016 06:48
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20942

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir