PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBER HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 5 METRO BARAT SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

1013099002, ANI RISNAWATI (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBER HEADS TOGETHER PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 5 METRO BARAT SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1 uncu.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2 uncu - perbaikan.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3 uncu.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4 uncu.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (117Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5 uncu.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada observasi awal diketahui bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SD Negeri 5 Metro Barat Tahun Pelajaran 2012/2013 nilai rata-rata semester I tahun pelajaran 2011/2012 kelas IV yaitu 58 (Berdasarkan data dari dokumen/arsip sekolah). Hasil itu masih rendah dari nilai KKM. Sehubungan dengan itu dilakukan penelitian dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model NHT pada proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipel Numbered Head Together pada siswa Kelas IV SD Negeri 5 Metro Barat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SD Negeri 5 Metro Barat Tahun Pelajaran 2012/2013. Data penelitian berupa data kuantitatif yaitu berupa data nilai evaluasi akhir siklus. Data diambil dengan menggunakan instrumen penelitian yang terdiri atas lembar kerja siswa, lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: rata-rata hasil belajar siswa saat observasi awal sebesar 51,42 sedangkan pada siklus I yaitu 60,36 meningkat ke siklus II 67,43 dan pada siklus III 73,51. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model NHT kelas IV SD Negeri 5 Metro Barat Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Model NHT.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 18 May 2016 06:51
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20979

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir