UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR KAKI DALAM PEMPELAJARAN RENANG GAYA BEBAS MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011

0713051041, JUNITA FEBRIANI (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK DASAR KAKI DALAM PEMPELAJARAN RENANG GAYA BEBAS MELALUI MODIFIKASI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 1 NATAR TAHUN PELAJARAN 2010/2011. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1.pdf

Download (5Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2.pdf

Download (21Mb) | Preview
[img] File PDF
4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3.pdf

Download (12Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.pdf

Download (1170Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki keterampilan gerak dasar kaki dalam pembelajaran renang gaya bebas pada siswa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Natar dengan modifikasi alat bantu berupa pelampung botol yang berukuran 1500 ml, pelampung botol yang berukuran 600 ml dan pelampung botol yang berukuran 330 ml. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 40 siswa, dengan perincian 16 laki-laki dan 24 perempuan. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dengan menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan gerak dasar kaki renang gaya bebas. Hasil penelitian menunjukkan: pada siklus pertama dengan diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 20%, dapat meningkatkan pembelajaran dan memperbaiki kemampuan gerak dasar kaki pada renang gaya bebas siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Natar, sedangkan pada siklus kedua diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 48%, dan pada siklus ketiga diperoleh prosentase keberhasilan ketuntasan belajar 80%, berdasarkan nilai rerata untuk meningkatkan hasil pembelajaran harus diberi perlakuan yang sesuai dengan menggunakan metode yang telah ditetapkan. Hasil peningkatan ≥ 50% itu artinya hasil pembelajaran dengan alat modifikasi yang digunakan menunjukan telah terjadi peningkatan.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2016 06:51
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20992

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir