PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 REJOSARI KECAMATAN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2012/2013

1013119188, SUASTUTI (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 REJOSARI KECAMATAN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2012/2013. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf

Download (51Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (112Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf

Download (65Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hasil pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 3 Rejosari tahun pelajaran 2011/2012 masih rendah dan kurang memuaskan. Rendahnya nilai dan aktivitas pembelajaran siswa disebabkan proses pembelajaran yang dikelas cenderung kurang melibatkan siswa. Sehingga pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru (teacher centered) dan kurang memantapkan menggunakan model pembelajaran yang dapat membangun pengetahuan siswa. Selain itu pembelajaran jarang melakukan praktikum karena fasilitas alat peraga yang kurang memadai. Untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model pembelajaran demonstrasi pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 3 Rejosari Kecamatan Pringsewu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dan aktivitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan tingkatan kelas untuk mengatasi rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan menitikberatkan kepada ketrampilan mengajar yang bervariasi selama perbaikan pembelajaran. Pelaksanaan tindakannya terdiri dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah lembar tes formatif pada akhir siklus dan lembar observasi tiap pertemuan. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 3 Rejosari Kecamatan Pringsewu Tahun Ajaran 2012/2013 pada mata pelajaran IPA. Kata kunci : Hasil belajar, aktivitas belajar, model pembelajaran demonstrasi.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 18 May 2016 06:52
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20994

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir