PENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANG ANYAR KECAMATAN GEDONG TATAAN KEBUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

1113109023, Masinah (2016) PENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARANG ANYAR KECAMATAN GEDONG TATAAN KEBUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. digilib library.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (454Kb) | Preview
[img] File PDF
bu masinah.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (252Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan observasi pengamatan, pembelajaran IPA di SDN 2 Karang Anyar masih berpusat pada guru. Dalam pembelajarannya guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Pemberian contoh masih secara lisan, siswa jarang dilibatkan dalam kegiatan pembelajaran melalui metode demonstrasi, sehingga menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan metode demonstrasi tentang energy panas pada pembelajaran IPA kelas IV SDN 2 Karang Anyar. Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan bentuk proses pengkajian bersiklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu : 1) perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan tindakan/observasi, dan 4) refleksi. Data tentang prestasi dan aktivitas belajar siswa tentang energy panas pada pembelajaran IPA SDN 2 Karang Anyar diperoleh melalui observasi dengan menggunakan lembar observasi, kemudian dengan hasil belajar siswa dapat diperoleh melalui tes yang dilakukan pada akhir setiap siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil penelitian, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai dengan siklus II, yaitu siklus I sebesar 59% dengan kriteria “sedang”, dan siklus II sebesar 97% dengan kriteria “tinggi”. Begitu pula terjadi peningkatan pada prestasi belajar siklus I dengan rata-rata sebesar 56 dengan siswa tuntas 40%, dan siklus II dengan rata-rata 70,25 dengan siswa tuntas 95%. Kata kunci : Prestasi belajar, aktivitas belajar, metode demonstrasi, pembelajaran IPA.

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Rukiah
Date Deposited: 18 May 2016 06:45
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21011

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir