Betari Solihati, 1013024074 (2016) PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA (Studi Deskriptif Siswa Kelas XI Semester Ganjil SMA N 5 Metro Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSETUJUAN.pdf Download (242Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PENGESAHAN.pdf Download (229Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (145Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (398Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (701Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (68Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Sesuai dengan hakikat biologi sebagai bagian dari sains, proses pembelajaran biologi idealnya harus bertumpu pada proses ilmiah. Proses ilmiah tersebut melibatkan berbagai keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa pada materi sistem gerak manusia. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester ganjil yang dipilih dari populasi secara total sampling. Data kualitatif berupa deskripsi KPS siswa yang diperoleh melalui lembar observasi selama pembelajaran dan tanggapan siswa yang diperoleh melalui angket lalu dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes tertulis yang diperoleh melalui LKS dan tes yang memuat semua indikator KPS, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata KPS siswa berkriteria baik (61,1± 17,8). Pada aspek klasifikasi menunjukkan kemampuan siswa dalam menggolongkan suatu data dengan kriteria baik (64,9 ± 19,9), komunikasi dengan kriteria baik (67,3 ± 15,8) dengan mampu mengomunikasikan data ke dalam bentuk tabel maupun ke dalam bentuk deskripsi, prediksi dengan kriteria baik (66,8 ± 21,5), interpretasi dengan kriteria sedang (45,2 ± 15,1). Sebagian besar siswa (81,5 %) memberikan tanggapan positif terhadap penerapan pembelajaran. Dengan demikian diketahui bahwa profil KPS siswa SMAN 5 Metro pada materi sistem gerak manusia berkriteria baik. Kata kunci : Interpretasi, Keterampilan Proses Sains, Klasifikasi, Komunikasi, Prediksi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 4532335 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Feb 2016 07:20 |
Terakhir diubah: | 16 Feb 2016 07:20 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21042 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |