PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rebang Tangkas Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015)

NIA NELIANA , (1113024050) (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Rebang Tangkas Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1908Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1861Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Problem Based Learning terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rebang Tangkas semester genap TP. 2014/2015 pada Materi Pengelolaan Lingkungan. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain pretes postes non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan C yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa data yang diperoleh dari aktivitas belajar siswa yang dianalisis secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif berupa data hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan Uji t melalui program SPSS 17. Dan Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (eksperimen = 82,69 dan kontrol 71,15). Rata-rata persentase Nia Neliana iii aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen daripada kontrol (eksperimen = 51 dan kontrol = 40). Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pengelolaan lingkungan. Kata kunci : Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Pengelolaan Lingkungan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 723106 . Digilib
Date Deposited: 29 Feb 2016 07:19
Terakhir diubah: 29 Feb 2016 07:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21260

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir