PERANAN LEMBAGA PUNYIMBANG ADAT LAMPUNG SAIBATIN DALAM MELESTARIKAN TRADISI BUBALAH DI DESA KEDALOMAN KECAMATAN GUNUNG ALIP KABUPATEN TANGGAMUS LAMPUNG TAHUN 2015

NETIKA WURI , 1213032053 (2016) PERANAN LEMBAGA PUNYIMBANG ADAT LAMPUNG SAIBATIN DALAM MELESTARIKAN TRADISI BUBALAH DI DESA KEDALOMAN KECAMATAN GUNUNG ALIP KABUPATEN TANGGAMUS LAMPUNG TAHUN 2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2174Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1718Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peranan Lembaga Punyimbang Adat Lampung Saibatin dalam melestarikan tradisi Bubalah secara khusus mendeskripsikan peran Lembaga Punyimbang Adat Lampung Saibatin dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi dalam melestarikan adat budaya Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam Penelitian ini adalah Punyimbang Adat, Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat di Desa Kedaloman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji kredibilitas data menggunakan perpanjangan waktu dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat peranan Lembaga Punyimbang Adat Lampung Saibatin dalam melestarikan tradisi Bubalah dengan menampung dan menyalurkan aspirasi atau pendapat masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam masyarakat, melestarikan, mengembangkan dan memberdayakan kebudayaan Lampung, dan menciptakan hubungan yang demokratis dan harmonis antara punyimbang adat dengan masyarakat. Oleh sebab itu masyarakat seharusnya ikut aktif berpartisipasi dalam pelestarian adat dan budaya Lampung. Kata Kunci: lembaga punyimbang adat, pelestarian, tradisi bubalah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HM Sociology
> HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 8982462 . Digilib
Date Deposited: 01 Mar 2016 04:14
Terakhir diubah: 01 Mar 2016 04:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21318

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir