, REZA EKA ERLANGGA (2014) ANALISIS FAKTOR KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN FLY OVER NATAR. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
4. Cover Dalam.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
1. Abstrak..pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5. Menyetujui.pdf Download (552Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6. Mengesahkan.pdf Download (519Kb) | Preview |
|
|
File PDF
7. Surat Pernyatan.pdf Download (295Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11. Daftar Isi.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (175Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (2052Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3823Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (633Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (528Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Peningkatan jumlah kendaraan setiap tahunnya harus diimbangi dengan peningkatan sarana, prasarana dan kapasitas jalan. Peningkatan jumlah kendaraan yang tidak diimbangi dengan peningkatan kapasitas dan fasilitas jalan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Pada Jalan Fly Over Natar, terdapat pasar yang menyebabkan lalu lintas kendaraan terganggu, akibat aktifitas penyeberang dan meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kecelakaan lalu lintas, mengetahui pengaruh penyeberang jalan terhadap penyebab kecelakaan dan mengetahui kecepatan kendaraan terhadap karakteristik kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat seperti masukan kepada instansi terkait dalam upaya penyusunan strategi pengelolaannya untuk kelancaran lalu lintas di masa yang akan datang, juga diharapkan dapat memberikan gambaraan manfaat dalam upaya menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Wilayah studi penelitian ini terletak di jalan fly over Natar Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang dipakai dalam survey ialah metode moving car observation dilakukan pada STA 0+000 sampai dengan STA 0-300 dan metode MKJI 1997. Data primer yang diperoleh meliputi data kecepatan kendaraan, data fasilitas jalan dan data penyeberang jalan. Data sekunder meliputi data geometrik jalan dan data kecelakaan lalu lintas. Data sekunder diperoleh dari dua instansi yaitu Dinas PU Bina Marga Propinsi Lampung dan Kepolisian Sektor Wilayah Natar. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil diantaranya, jumlah persentase jenis kecelakaan lalu lintas yang paling besar ialah jenis kecelakaan tabrak manusia mencapai 30,1%, hal ini disebabkan tingginya jumlah penyeberang di badan jalan dan juga disebabkan oleh tingginya kecepatan penyeberang jalan. Berdasarkan hasil analisis, kecepatan rata-rata kendaraan yang melintas di jalan fly over Natar rata- rata memiliki kecepatan yang tinggi, sehingga berpengaruh terhadap jarak pandang henti pengendara. Kurangnya fasilitas jalan sebagai salah satu faktor kecelakaan, sehingga perlu dilakukan beberapa peningkatan kapasitas jalan, seperti dibuatkan jembatan penyeberangan orang dan pagar pembatas untuk mencegah penyeberang jalan agar tidak menggunakan badan jalan sebagai media penyeberangan. Perlunya penegakan hukum oleh pihak terkait kepada pengguna jalan agar tertib berlalu lintas. Kecelakaan juga dapat dicegah dengan mengurangi kegiatan di samping jalan, yang dapat menghalangi jarak pandang pengemudi. Kata kunci : Moving Car Observation, Faktor Kecelakaan, Jenis Kecelakaan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HE Transportation and Communications > Mesin (General). Mesin Sipil (General) > Mesin (General). Mesin Sipil (General) Mesin (General). Mesin Sipil (General) |
Program Studi: | Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 08:34 |
Terakhir diubah: | 24 Jun 2014 08:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2132 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |