DEWI PUJIASTUTI, 1223041005 (2015) TINDAK TUTUR GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XII IPA SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf Download (113Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3133Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2788Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah tindak tutur guru dalam pembelajaran Sejarah di kelas XII IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tuturan guru dalam pembelajaran mata pelajaran Sejarah di kelas XII IPA karena sangat berpengaruh dalam pemahaman siswa tentang apa yang disampaikan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelititian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah interaksi pembelajaran mata pelajaran Sejarah sebagai wadah tindak tutur guru dalam berbahasa Indonesia. Data tuturan diperoleh dari guru pelajaran Sejarah SMA Negeri 2 Bandar Lampung yang terdiri atas dua orang guru kelas XII IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik simak bebas libat cakap, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud tindak tutur guru mata pelajaran Sejarah dalam proses pembelajaran menghasilkan tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. Tindak tutur langsung meliputi tindak tutur langsung literal, tindak tutur langsung tidak literal, tindak tutur langsung pada sasaran dan tindak tutur langsung dengan alasan. Tindak tutur langsung dengan alasan memiliki dua variasi. Variasi tersebut adalah meletakkan alasan pada awal tuturan dan meletakkan alasan pada akhir tuturan. Wujud tindak tutur tidak langsung terdiri atas tindak tutur tidak langsung literal, tindak tutur tidak langsung tidak literal, tindak tutur imperatif dengan modus bertanya, tindak tutur imperative dengan modus menyatakan berita, tindak tutur menyalahkan dengan modus menyatakan keluhan, tindak tutur menegur dengan modus menyatakan fakta, dan tindak tutur tidak langsung dengan modus memuji. ABSTRACT TEACHER’S SPEECH ACT IN HISTORY LEARNING AT XII SCIENCE CLASS OF SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG ACADEMIC YEAR 2013/2014 Problems of research are teachers’ speech act in history subject learning at XII science class. This research aimed to describe teachers’ speech act in history learning at XII science class because it influenced in students’ understanding what teacher said in learning process. This research is qualitative descriptive research. Data sources in research is interaction of history subject learning as a speech acts form in Indonesia Language. Speech act data was gotten form history subject teacher of SMA Negeri 2 Bandar Lampung which consists of two teachers of XII science class. To collecting the data was used are observation, gathering conversation techniques and field note. Data analysis was done by heuristic analysis techniques. Result of research show that teachers’ speech act form at history subject in learning process are direct speech act and indirect speech act. Direct speech act includes literal direct speech act, not literal direct speech act, objective direct speech act and reasoning direct speech act. Reasoning direct speech act has two variances. Variance can be seen form beginning speech act and the end of speech act. Indirect speech act form includes literal indirect speech act, not literal indirect speech act, imperative speech act by asking, imperative speech act by giving information, impeach by stating complaint, reproach speech act by stating facts and indirect speech act by commend.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 072817 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Mar 2016 02:58 |
Terakhir diubah: | 02 Mar 2016 02:58 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21355 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |