PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANTAR SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING (ST) TALKING STICK (TS) DAN TARI BAMBU(BAMBOO DANCING) PADA MATA PELAJARAN IPS Terpadu (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Tahun Pelajaran 2013/2014)

SITI RUHIBAH , 0853031044 (2015) PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL ANTAR SISWA YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING (ST) TALKING STICK (TS) DAN TARI BAMBU(BAMBOO DANCING) PADA MATA PELAJARAN IPS Terpadu (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Tahun Pelajaran 2013/2014). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1356Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1226Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan sosial antar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing (ST), Talking Stick (TS) dan Tari Bambu (BAMBOO DANCING). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 252 orang siswa kelas VII SMP N 1 Sumber Jaya semester genap tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah sampel sebanyak 106 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yaitu dengan dokumentasi, dan observasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians satu arah dan uji lanjut t-Dunnet. Hasil penelitian menunjukan (1) ada perbedaan rata-rata keterampilan sosial siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing, Talking Stick dan Tari Bambu. Hal tersebut dibuktikan dari pengujian hipotesis pertama menggunakan rumus analisis varians satu arah, diperoleh Fhitung 18,273 dan Ftabel 3, 104 dengan kriteria pengujian Ho ditolak dan Ha diterima.(2) keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick. Pengujian hipotesis kedua dengan menggunakan rumus uji lanjut t-Dunnet, diperoleh thitung 3,226 dan ttabel 1,663, kriteria pengujian hipotesis tolak Ho dan terima Ha jika thitung > ttabel, berdasarkan hasil perhitungan maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Snowball Throwing lebih baik dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Tari Bambu. Pengujian hipotesis ketiga dengan menggunakan rumus uji lanjut t-Dunnet, diperoleh thitung 6,038 dan ttabel 1,663, kriteria pengujian hipotesis tolak Ho dan terima Ha jika thitung > ttabel, berdasarkan hasil perhitungan maka Ho ditolak dan Ha diterima. (4) Pengujian hipotesis keempat dengan menggunakan rumus uji lanjut t-Dunnet, diperoleh thitung 2,868 dan ttabel 1,663, kriteria pengujian hipotesis tolak Ho dan terima Ha jika thitung > ttabel, berdasarkan hasil perhitungan maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Talking Stick lebih baik dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Tari Bambu. Kata kunci : keterampilan sosial, model pembelajaran kooperatif snowball throwing, talking stick dan tari bambu.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 3048278 . Digilib
Date Deposited: 02 Mar 2016 06:47
Terakhir diubah: 02 Mar 2016 06:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21374

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir