PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG IKLIM SEKOLAH DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 KOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Aryan Danil Mirza. BR, 1213031010 (2016) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG IKLIM SEKOLAH DAN SIKAP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MELALUI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS IX SMP NEGERI 9 KOTABUMI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1591Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (968Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tinggi rendahnya hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran dipengaruhi faktor eksternal dan faktor ekternal. Faktor ekternal yang mempengaruhi diantaranya adalah iklim sekolah. Sedangkan faktor internal yang mempengaruhi diantaranya sikap siswa dan motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 9 Kotabumi Lampung Utara. Tujuan penelitian in adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang iklim sekolah dan sikap siswa melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar ips terpadu siswa kelas IX SMP Negeri 9 Kotabumi Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan metode survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 69 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan menggunakan sampling jenuh, yaitu suatu metode pengambilan sampel yang menjadikan semua populasi sebagai sampel. Variabel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat. Untuk variabel bebasnya yakni persepsi siswa tentang iklim sekolah, sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu dan motivasi belajar. Sedangkan variabel terikatnya adalah variabel hasil belajar dan motivasi belajar. Pengujian hipotesis ini menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel Persepsi Siswa tentang iklim sekolah dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap motivasi belajar dengan kadar deteraminasi sebesar 62%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel Persepsi Siswa tentang iklim sekolah dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu melalui motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan kadar deteraminasi sebesar 5,6%. Variabel sikap siswa merupakan variabel yang dominan mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar. Oleh karena itu, perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap variabel-variabel tersebut sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal. Kata kunci: hasil belajar, motivasi belajar, persepsi siswa tentang iklim sekolah, sikap siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 1283883 . Digilib
Date Deposited: 03 Mar 2016 03:48
Terakhir diubah: 03 Mar 2016 03:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21413

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir