IDENTIFIKASI BUTIR SOAL BIOLOGI PADA SMK KESEHATAN NURUL ISLAM HUSADA LAMPUNG SELATAN (Studi Pada Butir Soal Ujian Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Nurul Islam Husada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/ 2016)

YULIUS RESTADI KURNIAWAN, (0853024057) (2015) IDENTIFIKASI BUTIR SOAL BIOLOGI PADA SMK KESEHATAN NURUL ISLAM HUSADA LAMPUNG SELATAN (Studi Pada Butir Soal Ujian Siswa Kelas XI SMK Kesehatan Nurul Islam Husada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015/ 2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1905Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1826Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Selama ini asesmen siswa pada SMK Kesehatan Nurul Islam Husada di Kabupaten Lampung Selatan masih didominasi oleh tes yang belum divalidasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur validitas, tingkat kesukaran, daya beda, efektifitas pengecoh, dan reliabilitas soal ujian semester ganjil Biologi kelas XI pada SMK Kesehatan Nurul Islam Husada. Dengan teknik purposive sampling diperoleh soal ujian semester ganjil Biologi SMK Kesehatan Nurul Islam Husada. Metode pengumpulan data dengan dokumentasi. Analisis kuantitatif pada soal pilihan jamak menggunakan program ITEMAN versi 3.50 dan SPSS versi 16.0. Validitas dari 40 butir soal soal ujian semester ganjil Biologi kelas XI pada SMK Kesehatan Nurul Islam Husada Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016 diketahui sebanyak 8 butir soal atau 20% valid, sedangkan 32 butir soal atau 80% tidak valid. Dengan kriteria sebanyak 2,5% soal memiliki validitas tinggi, 10% soal memiliki validitas sedang, dan 7,5% memiliki validitas rendah. Tingkat kesukaran soal diketahui sebanyak 5% sangat sukar, 30% sukar, 45% sedang, dan 20% mudah. Daya beda soal diketahui sebanyak 20% rendah, 42,5% sedang dan 37,5% tinggi. Sebanyak 80% pengecoh berfungsi, sedangkan 20% pengecoh tidak berfungsi. Nilai reliabilitas soal adalah 0,584 artinya soal cukup reliabel. Analisis kualitatif soal pilihan jamak sesuai dengan materi, konstruksi dan bahasa tetapi terdapat beberapa soal yang perlu diperbaiki. Berdasarkan penelitian disimpulkan perlu dilakukan perbaikan pada sebagian besar soal. Kata kunci : identifikasi soal, program ITEMAN versi 3.50

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 185340 . Digilib
Date Deposited: 03 Mar 2016 08:14
Last Modified: 03 Mar 2016 08:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21418

Actions (login required)

View Item View Item