PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH KULIT BUAH PISANG KEPOK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM (Amaranthus tricolor L) (Studi Eksperimen sebagai bahan penyusun Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Pada Kelas XII SMA 2 Gedong Tataan)

Mentari Puspa Sari, 1113024045 (2016) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH KULIT BUAH PISANG KEPOK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN BAYAM (Amaranthus tricolor L) (Studi Eksperimen sebagai bahan penyusun Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Pada Kelas XII SMA 2 Gedong Tataan). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2754Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2755Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair dari limbah kulit buah pisang kepok terhadap pertumbuhan tanaman bayam (Amaranthus tricolor L) yang meliputi tinggi tanaman, jumlah daun serta luas daun dan membuat Lembar Kerja Siswa (LKS) eksperimen materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman pada siswa SMA kelas XII semester 1. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Negeri Sakti Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Pada bulan Maret 2015 sampai bulan April 2015. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan enam kali pengulangan dengan kosentrasi 20 ml, 40 ml dan 60 ml. Data yang diamati yaitu tinggi tanaman bayam, jumlah daun tanaman bayam, luas daun tanaman bayam serta data kualitatif berupa deskriptif kelayakan LKS. Data kuantitatif dianalisis ragam dan uji BNT taraf 1% dan data kualitatif dianalisis seara deskriptif. Hasil analisis ragam pada pertumbuhan tanaman bayam didapatakan F hitung pada tinggi tanaman 25.88, jumlah daun 37.97, dan luas daun 17,420 sedangkan iii F tabel pada pertumbuhan tanaman yaitu 4.94 (F hitung > F tabel), sehingga dapat dinyatakan pemberian pupuk organik cair dari limbah kulit buah pisang kepok berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan tanaman bayam (Amaranthus tricolor L). Hasil uji BNT pada tinggi tanaman, jumlah daun, serta luas daun memberikan hasil yang paling baik yaiu pada perlakuan P1 (kosentrasi 20 ml) dan hasil yang teredah pada P3 (kosentrasi 60 ml) Hasil uji kelayakan LKS eksperimen didapatkan nilai rata-rata 3,53 dengan katagori sangat layak, sehingga LKS dapat digunakan sebagai bahan bahan proses pembelajaran eksperimen pada materi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Kata-kata kunci: tinggi tanaman, jumlah daun, luas permukaan daun, pupuk organik, dan limbah kulit buah pisang

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 6320391 . Digilib
Date Deposited: 11 Mar 2016 07:28
Last Modified: 11 Mar 2016 07:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21491

Actions (login required)

View Item View Item