PROFIL GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 ( Studi Deskriptif Pada Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri Di Bandar Lampung)

Junaidi, 1113024033 (2016) PROFIL GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 ( Studi Deskriptif Pada Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri Di Bandar Lampung). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1859Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1244Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pelaksanaan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 di SMP Negeri di Bandar Lampung. Metode sampling yang digunakan secara purposive sampling sehingga diperoleh 6 guru IPA. Data penelitian adalah data kualitatif, berupa deskripsi proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar instrumen pelaksanaan pembelajaran yang dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan dengan standar proses dan pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru kelas VIII SMP Negeri di Bandar Lampung berdasarkan kurikulum 2013 sesuai dengan standar proses meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup memperoleh skor rata-rata 52,13% dalam kategori sedang. Seluruh guru melaksanakan pembelajaran IPA berdasarkan kurikulum 2013 namun masih kurang sesuai dengan pendekatan saintifik yang meliputi aspek mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan yaitu memperoleh skor rata-rata 42% dalam kategori rendah. Sehubungan dengan itu, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPA pada kelas VIII SMP Negeri di Bandar Lampung sudah sesuai dengan standar proses kurikulum 2013; (2) Pelaksanaan pembelajaran IPA pada kelas VIII SMP Negeri di Bandar Lampung belum sesuai dengan pendekatan saintifik pada kurikulum 2013. Kata kunci: kurikulum 2013, pembelajaran IPA, pendekatan saintifik, standar proses

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2109037 . Digilib
Date Deposited: 04 Mar 2016 04:05
Terakhir diubah: 04 Mar 2016 04:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21492

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir