KESANTUNAN BAHASA LISAN GURU SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HANDA YANI, 1423041013 (2016) KESANTUNAN BAHASA LISAN GURU SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2486Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1859Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prinsip sopan santun berbahasa, jenis-jenis tindak tutur, nila-nilai pendidikan karakter, implikasi kesantunan bahasa lisan dalam pengembangan pendidikan karakter siswa, dan persepsi siswa terhadap kesantunan bahasa lisan Guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 4 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam rangka mencapai tujuan penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini meneliti prinsip sopan santun, jenis- jenis tindak tutur, nilai-nilai pendidikan karakter, implikasi kesantunan bahasa lisan guru dalam pengembangan pendidikan karakter siswa, dan persepsi siswa terhadap kesantunan bahasa lisan Guru Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan teknik angket. Hasil penelitian menunjukkan prinsip sopan santun yang ditemukan dalam bahasa lisan guru meliputi maksim kearifan, maksim kedermawan, maksim pujian, maksim kesepakatan, dan maksim simpati. Jenis-jenis tindak tutur yang ditemukan dalam bahasa lisan guru adalah asertif, direktif, ekspresif, deklaratif dan komisif. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam bahasa lisan guru adalai religius, disiplin, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, gemar membaca, demokratis dan bersahabat. Implikasi kesantunan bahasa lisan guru dalam pendidikan karakter tercermin dari prinsip sopan santun dan jenis tindak tutur yang digunakan oleh Guru Bahasa Indonesia Hasil persepsi siswa tehadap kesantunan bahasa lisan Guru Bahasa Indonesia dengan tanggapan sangat santun. Kata Kunci: prinsip sopan santun, bahasa lisan, pendidikan karakter abstract This study aimed to describe the principle of manners speaking, the types of speech acts, values of character education, language spoken politeness implications in the development of student character education, and the students' perception of politeness spoken language Indonesian teacher in learning Indonesian in SMK Negeri 4 Bandar Lampung. The method used to achieve the goal of research was descriptive qualitative method . This study examines the principle of manners, the type of speech act, the values of character education, politeness implications oral language teachers in the development of character education students, and students' perception of politeness spoken language Indonesian teacher. Data collection techniques used in this study was the observation techniques and technical questionnaires. The results show good manners principles found in the spoken language teachers include wisdom maxims, maxims generosity, praise maxims, maxims agreement and sympathy maxim. The types of speech acts found in the spoken language teacher is assertive, directive, expressive, declarative and commissive. The values of character education that is found in the spoken language is a religious teacher, discipline, curiosity, recognize excellence, peace-loving, caring environment, social care, responsibility, like to read, democratic and friendly. Implications politeness oral language teachers in character education is reflected in the principles and manners of speech acts used by Indonesian teacher. The results of students' perception of politeness teacher Indonesian language spoken by a very polite response. Keyword: character education, politeness, spoken language (speech).

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 6543775 . Digilib
Date Deposited: 15 Mar 2016 08:45
Terakhir diubah: 15 Mar 2016 08:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21536

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir