KODRI , 1213031048 (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATA PELAJARAN EKONOMI BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MATERI PERMINTAAN, PENAWARAN DAN HARGA KESEIMBANGAN UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PAGAR DEWA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2140Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1063Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS mata pelajaran ekonomi berbasis pendekatan kontekstual materi permintaan, penawaran dan harga keseimbangan yang berkualitas ditinjau dari tiga aspek yaitu kelayakan materi, kelayakan bahasa, dan kelayakan desain serta untuk mengetahui efektifitas peningkatan hasil belajar siswa menggunakan LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Reasearch and Development yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dipadukan dengan model Bogh and Gall dengan produk LKS mata pelajaran ekonomi materi permintaan, penawaran dan harga keseimbangan. Penelitian ini dilakukan dengan melalui beberapa tahap yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap evaluasi. Instrumen penelitian berupa angket lembar penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas LKS dan lembar post-test yang hasilnya untuk mengetahui efektifitas peningkatan hasil belajar siswa. Subjek ujicoba produk ini adalah para ahli/validator, guru mata pelajaran ekonomi, dan siswa kelas X SMA Negeri 1 Pagar Dewa. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) produk lembar kerja siswa mata pelajaran ekonomi berbasis pendekatan kontekstual materi permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan yang dikembangkan telah dapat digunakan, (2) lembar kerja siswa yang dikembangkan telah sesuai dengan tahapan pendekatan kontekstual yaitu konstuktivisme (constructivism), Penemuan (inquiri), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian sebenarnya (authentic assesment), (3) kualitas LKS yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi sangat baik dengan skor 78 dari skor maksimal 85 dengan persentase 91,76%, ahli materi bahasa baik dengan skor 38 dari skor maksimal 55 dengan persentase 69,10%, dan ahli desain baik dengan skor 87 dari skor maksimal 115 dengan persentase 75%, dan (4) LKS yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa hal ini ditunjukan dengan rata-rata nilai post-test siswa kelas X2 (kelas eksperimen) lebih besar dibandingkan dengan kelas X4 (kelas kontrol) yaitu 72,29 % > 66,04%, selain itu dilihat dari persentase ketuntasan siswa kelas X2 (kelas eksperimen) lebih besar dibandingkan dengan kelas X4 (kelas kontrol) yaitu 75% > 62,50%. Kata Kunci: lembar kerja siswa, pendekatan kontekstual, materi permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 3662019 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Mar 2016 07:53 |
Terakhir diubah: | 18 Mar 2016 07:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21546 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |