, Anizarnur (2014) Pengaruh Pelayanan Keluarga Berencana Terhadap Kepuasan Peserta KB Di Kota Bandar Lampung. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Cover Dalam.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Persetujuan.pdf Download (379Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf Download (401Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf Download (288Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf Download (214Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf Download (149Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (211Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftra Pustaka.pdf Download (26Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi bila tidak diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dasar penduduk, maka tingkat pendapatan rendah akan menyebabkan bertambahnya pengangguran, kemiskinan dan keterbelakangan masyarakat atau negara. Salah satu upaya pengendalian pertumbuhan penduduk yang sangat kita kenal adalah program Keluarga Berencana (KB). Program Keluarga Berencana (KB) adalah upaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, melalui promosi, perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas. Semakin luas wilayah dan jangkauan program Keluarga Berencana dan semakin meningkat kesadaran masyarakat untuk melaksanakan program Keluarga Berencana semakin mendesak pula kebutuhan sarana pelayanan yang cukup, baik kuantitas maupun kualitas, serta mudah dijangkau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel mana yang paling dominan dari kualitas pelayanan KB (tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy) terhadap kepuasan peserta KB di Kota Bandar Lampung. Hasil penelitian diketahui bahwa sumbangan variabel kualitas layanan yang terdiri dari tangible (penampilan fisik), reliability (keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (kepastian) dan empathy (kepedulian) terhadap kepuasan peserta KB secara bersama-sama sebesar 0,722, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Indikator-indikator yang memiliki nilai terendah untuk kualitas layanan dan kepuasan peserta KB adalah : Indikator biaya yang cukup terjangkau, indikator pembarian obat side effect dan indikator melakukan konseling dengan tuntas. Pengaruh parsial/masing-masing variabel terhadap kepuasan peserta KB, dari yang terbesar sampai yang terkecil adalah : variabel assurance memiliki pengaruh sebesar 0,373, variabel empathy sebesar 0,317, variabel reliability sebesar 0,181. Sedang variabel tangible dan responsiveness tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan peserta KB. Anizarnur Beberapa hal yang diajukan kepada pemerintah khususnya Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung sebagai penggerak Program Keluarga Berencana, untuk meningkatkan kualitas pelayanan KB, antara lain : Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas pelayanan tentang konseling dan pemasangan alat kontrasepsi melalui pelatihan terutama bagi petugas yang belum pernah dilatih; Penyediaan obat side effect sesuai dengan perkiraan jumlah permintaan masyarakat akan pelayanan KB; Pemahaman tentang program Kependudukan dan KB bagi petugas pelayanan; Peraturan pemerintah yang mengatur besarnya biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh pelayanan KB dan pengawasan penerapan peraturan tersebut di lapangan. Kata kunci : assurance, empathy, reliability dan kepuasan.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > HB Economic Theory > HC Economic History and Conditions |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen S2 |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 24 Jun 2014 08:53 |
Terakhir diubah: | 24 Jun 2014 08:53 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2158 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |