ANALISIS STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN BATU BATA CV BMS DI LAMPUNG TENGAH

HESTA RINA H.T , 1211011069 (2016) ANALISIS STRATEGI BISNIS PERUSAHAAN BATU BATA CV BMS DI LAMPUNG TENGAH. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1060Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (991Kb) | Preview

Abstrak

Perkembangan pada dunia industri saat ini memaksa setiap perusahaan harus mampu mengelola perusahaannya dengan baik, CV BMS (Bakeri Mitra Satmakura) yang bergerak dibidang industri batu bata bolong harus mampu menerapkan strategi bisnis yang tepat guna menghadapi persaingan pasar. CV BMS yang berlokasi di Lampung Tengah memiliki luas 50x50 meter persegi dan memperkerjakan karyawan sebanyak 70 orang. CV BMS dalam melakukan oprasional batu bata bolong memiliki waktu tercepat 5-10 hari untuk pemesanan konsumen. CV BMS yang terus berkembang setiap tahunnya memiliki lima pesaing dalam kegiatan industri yang sama. Persaingan bisnis yang terjadi dalam industri batu bata bolong di Lampung Tengah semakin kompetitif, hal tersebut yang menjadi masalah bagi CV BMS dalam melakukan kegiatan bisnis. Masalah pada CV BMS yaitu Strategi apa yang harus dilakukan CV BMS agar dapat bersaing dengan perusahaan batu bata di Lampung Tengah Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif non hipotesis.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan alat analisis SWOT. CV BMS memiliki faktor internal kekuatan dan kelemahan. Kekuatan dari CV BMS antara lain yaitu respon cepet terhadap permintaan konsumen, mengantarkan pesanan konsumen tanpa biaya transportasi, produknya berkualitas dan kuat, dan jika terjadi kerusakan batu bata bolong konsumen dapat menukarnya. Kelemahan dari CV BMS yaitu tidak ada tim pengontrol kuantitas, kurangnya keterampilan sumber daya manusia, tidak ada sistem stok, promosi produk kurang dan akses jalan menuju CV BMS rusak. Faktor eksternal dari CV BMS meliputi peluang dan ancaman. Peluang dari CV BMS yaitu letak demografis CV BMS yang mudah mendapatkan bahan baku, meningkatnya permintaan konsumen, pemilik ikut langsung dalam proses pembuatan batu bata bolong, dan kesesuaian kualitas dengan harga batu bata bolong. Ancaman dari CV BMS yaitu pelemahan perekonomian Indonesia yang berakibat berkurangnya daya beli masyarakat, masih menggunkan alat tradisional, banyaknya pesaing dalam bidang yang sama, letak daerah CV BMS yang kurang strategis dan mudahnya pesaing baru masuk dalam pasar batu bata bolong. HESTA RINA H.T Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan bahwa CV BMS harus memiliki strategi bisnis yaitu Rapid Growth Strategy, yaitu strategi pertumbuhan aliran cepat untuk diperlihatkan pengembangan secara maksimal untuk target tertentu dalam waktu singkat. Kesimpulan penelitian ini menyatakan perhitungan IFAS dan EFAS dari CV BMS S (1.6351) > O (1.574), yakni kekuatan lebih besar dari pada peluang yang ada, dimana arah kebijakan CV BMS dalam kondisi rapid growth strategy. Pada kondisi ini, hal yang sebaiknya dilakukan CV BMS di Lampung Tengah adalah meningkatkan kapasitas produk pada CV BMS untuk memperluas pasar, menambah sumber daya manusia dalam penigkatan produksi, bekerjasama dengan pemerintah dalam pengadaan alat cetak modern, dan peneliti mengharapkan penelitian ini dapat membantu dalam penelitian selanjutnya dan dapat dilanjutkan. Saran dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan sumber daya manusia untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk, bekerjasama dengan pemerintah dalam pengadaan alat cetak modern dan Peningkatan kapasitas produksi pada CV BMS untuk memperluas pasar . Kata Kunci : CV BMS (Bakeri Mitra Satmakura), Strategi SWOT, Rapid Growth Strategy

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HB Economic Theory
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: 7758725 . Digilib
Date Deposited: 05 Apr 2016 02:27
Last Modified: 05 Apr 2016 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21599

Actions (login required)

View Item View Item