YASINTA MAHENDRA, 1423041036 (2016) TEKSTUAL, PRAKTIK WACANA, DAN PRAKTIK SOSIOKULTURAL PADA TEKS BERITA KRIMINAL DALAM SURAT KABAR HARIAN RADAR LAMPUNG DAN PENGEMBANGANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DI SMA. Masters thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK BAHASA INGGRIS & INDONESIA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1828Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1305Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana suatu teks berita dianalisis menggunakanan alisis wacana kritis dengan melibatkan tiga aspek. Aspek tersebut meliputi aspek tekstual (textual), praktik wacana (discourse practice), dan praktik sosiokultural (sosiocultural practice). Dalam penelitian ini yang akan diteliti adalah teks berita kriminal dalam surat kabar harian Radar Lampung dan pengembangan sebagai media pembelajaran menulis teks di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan analisis wacana kritis model Norman Faiclough. Kajian dalam teks meliputi pertama adalah koheren dan kohesi unsur pembentuk koheren dan kohesi yang akan dianalisis adalah leksikon, repetisi, sinonim, antonim, kata penghubung antarkalimat. Selanjutnya yang kedua adalah tata bahasa, unsur pembentuk tata bahasa yang akan diteliti adalah tema dan modalitas. Selanjutnya yang ketiga adalah diksi serta ditambah dengan representasi, relasi serta identitas. Selanjutnya praktik wacana meliputi aspek penghasilan, penyebaran, dan penggunaan teks. Praktik sosiokultural atau yang berhubungan dengan kondisi sosial dalam analisis wacana kritis diartikan sebagai hubungan lebih jauh terkait kondisi sosial dan pengetahuan tentang berita yang sedang berkembang dalam masyarakat luas. Hasil penelitian ini digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran bagi siswa dalam hal menulis teks, khususnya teks eksposisi. Hasil penelitian berupa rencana pelaksanaan pembelajaran berguna sebagai sekenario pembelajaran yang dapat di kembangkan di sekolah sebagai alternatif media peraga pembelajaran, penelitian ini sangat berguna sebagai penambah semangat dan motivasi belajar siswa. Kata kunci :Teks Berita Kriminal, Tekstual, Praktik Wacana dan Praktik Sosiokultural. abstract The problem in this research was how a news text is analyzed used critical discourse analysis involves three aspects. These aspects include aspects of textual, discourse practice, and sosiocultural practice. In this study, which will be examined is the text of crime news in the daily newspaper Radar Lampung and development as a media of learning in high school writing text. The method used in this research was descriptive qualitative critical discourse analysis models Norman Faiclough. Studies in the text include, the first is the coherent and cohesion forming elements coherent and cohesion that will be analyzed is the lexicon, repetition, synonyms, antonyms, conjunctions between sentences. The next second was grammar, grammar forming elements to be studied was the theme and the modalities. Furthermore, the third was the diction and coupled with representations, relationships and identity. Furthermore, the practice of discourse include aspects of income, deployment, and used of text. Sociocultural practices related to social conditions in the critical discourse analysis was defined as the relationship further related social conditions and knowledge of the news emerging in the wider community. The results of this study are used as an alternative media of learning for students in terms of writing the text, especially text exposition. Results of the research was a useful lesson plan as learning scenarios that can be developed in schools as an alternative media of learning aids, this research is very useful as pep and students motivation. Keywords: Crime News Text, Textual, Discourse and Practice Sociocultural Practice.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia |
Pengguna Deposit: | 7066670 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 03:35 |
Terakhir diubah: | 05 Apr 2016 03:35 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21602 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |