PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BANGUN RUANG SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 WALUYOJATI KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Anisah, 1313093004 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BANGUN RUANG SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 WALUYOJATI KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2605Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2106Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Waluyojati khususnya pada mata pelajaran Matematika, dari hasil observasi dari dari 25 siswa hanya 10 siswa atau 40% yang mencapai KKM mendapatkan nilai di atas KKM 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Waluyojati dengan menggunakan media bangun ruang. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta kinerja guru. Aktivitas belajar siswa yang diperoleh pada siklus I hanya mencapai persentase keberhasilan sebesar 61,08% dengan kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 73,38% dengan kategori aktif. Hasil belajar siklus I, rata-ratanya hanya sebesar 67,2 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh hanya sebesar 68%, sedangkan siklus II, mengalami peningkatan mencapai 75,2. dengan persentase ketuntasan klasikal menjadi 88%. Kinerja guru siklus I mencapai nilai 73,64 dengan kategori baik sedangkan siklus II meningkat menjadi 80 dengan kategori sangat baik. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media bangun ruang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 1 Waluyojati Pringsewu tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, media bangun ruang.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 7457577 . Digilib
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:32
Terakhir diubah: 05 Apr 2016 07:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21611

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir