PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SISWA KELAS V SDN LEGUNDI KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Esruh Yuli Idayanti, 1313093034 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION SISWA KELAS V SDN LEGUNDI KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2798Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2249Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Legundi, dari hasil observasi siswa yang mencapai KKM hanya sebesar 31,58% dan yang belum tuntas sebesar 68,42%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Legundi melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta kinerja guru. Hal ini dibuktikan dari peningkatan aktivitas belajar siswa disetiap siklusnya. Siklus I persentase aktivitas 42,11% siklus II meningkat menjadi 89,47%. Hasil belajar siklus I nilai rata-rata 61,34 kemudian siklus II meningkat menjadi 70,91. Ketuntasan hasil belajar siswa siklus I adalah 73,68% kemudian siklus II meningkat menjadi 89,47%. Kinerja guru siklus I sebesar 74,55 kemudian siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,55. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Legundi Lampung Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, Kooperatif tipe Team Assisted Individualization.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 9163126 . Digilib
Date Deposited: 05 Apr 2016 07:31
Terakhir diubah: 05 Apr 2016 07:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21612

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir