PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS IV SDN 4 SUKADANA PASAR

SURYANINGSIH , 1313093126 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE SISWA KELAS IV SDN 4 SUKADANA PASAR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1260Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (986Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Sukadana Pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 4 Sukadana Pasar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Siklus I ketuntasan klasikal aktivitas siswa 54,5% (cukup), siklus II menjadi 77,3% (baik) meningkat sebesar 22,8%. Siklus I persentase ketuntasan klasikal afektif 54,5%, siklus II menjadi 86,4% meningkat sebesar 31,9%. Siklus I ketuntasan klasikal psikomotor 59,09%, siklus II menjadi 81,80% meningkat sebesar 22,71%. Siklus I persentase ketuntasan klasikal kognitif 40,9%, siklus II menjadi 81,8% meningkat 40,9%. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 4 Sukadana Pasar Kabupaten Lam-Tim. Kata kunci: aktivitas belajar,hasil belajar,kooperatif tipe TPS.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 9411632 . Digilib
Date Deposited: 05 Apr 2016 08:08
Terakhir diubah: 05 Apr 2016 08:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21615

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir