PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KRESNOWIDODO KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

TRI WIDIYATI , 1313093137 (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 KRESNOWIDODO KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1644Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1377Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Kresnowidodo, yang diketahui dari hasil observasi dari 22 jumlah siswa, hanya 8 siswa atau 36,36% yang mampu mencapai KKM (65). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Kresnowidodo melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non tes. Alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes, kemudian dianalisis menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Siklus I persentase nilai rata-rata aktivitas secara klasikal sebesar 58,30% dengan katagori “Kurang Aktif” dan siklus II meningkat menjadi 70,00% dengan katagori “Aktif”. Siklus I nilai rata-rata sebesar 65,15 dengan persentase ketuntasan mencapai 54,55% dengan kategori “Belum Tuntas” dan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 72,02 dengan persentase ketuntasan meningkat 27,27% menjadi 81,82% dengan katagori “Tuntas”. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 1 Kresnowidodo Kabupaten Pesawaran tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci: Kooperatif tipe STAD, Aktivitas, dan Hasil Belajar IPS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 8484876 . Digilib
Date Deposited: 05 Apr 2016 08:15
Terakhir diubah: 05 Apr 2016 08:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21616

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir