KOMITMEN BERAGAMA PADA NOVEL ATHEIS KARYA ACHDIAT K. MIHARDJA DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

FISNIA PRATAMI, 1213041033 (2016) KOMITMEN BERAGAMA PADA NOVEL ATHEIS KARYA ACHDIAT K. MIHARDJA DAN RANCANGAN PEMBELAJARANNYA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRCT).pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2086Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMABAHSAN.pdf

Download (1623Kb) | Preview

Abstrak

Komitmen beragama merupakan masalah dalam penelitian ini. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan komitmen beragama yang meliputi dimensi keyakinan (belief), dimensi praktik (practice), dimensi pengalaman (experince), dimensi pengetahuan (knowledge), dan dimensi konsekuensi (consequence) dan merancang pembelajarannya di SMA. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian ini menunjukkan komitmen beragama para tokoh yang ditunjukan dengan adanya keyakinan pada agama yang diyakini, ketaatan melakukan praktik ibadah sesuai ajaran agama, pengalaman keagamaan berupa keajaiban atau ilham dari Tuhan, memiliki pengetahuan keagamaan yang dipelajari dari guru dan kitab suci, dan melakukan perbuatan dengan menyadari adanya konsekuensi keagamaan atas perbuatan yang dilakukan. Para tokoh dalam novel ini tidak semuanya memiliki komitmen beragama karena tokoh-tokoh tersebut tidak percaya terhadap agama (atheis). Selain itu, terdapat juga tokoh yang mengalami kenaikan dan penurunan dalam komitmen beragama. Semua temuan komitmen beragama dalam novel Atheis karya Achdiat K. Mihardja dapat dirancang sebagai bahan pembelajaran untuk peserta didik tingkat SMA kelas XII semester genap dengan Kompetensi Dasar 3.3 menganalisis teks novel baik lisan dan tulisan. Kata kunci: komitmen beragama, novel, rancangan pembelajaran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 8732245 . Digilib
Date Deposited: 11 Apr 2016 06:24
Terakhir diubah: 11 Apr 2016 06:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21660

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir